Yuk Kenalan dengan Jurusan Pemasaran, Belajar Apa Saja Sih?
Pemasaran adalah hal terpenting dalam dunia bisnis. Keberhasilan bisnis dapat kamu capai jika kamu mengetahui dan memahami proses pemasaran yang efektif. Dengan pemasaran, kamu juga dapat membangun brand awareness di benak para pelanggan. Tapi, kamu tau gak sih kalau ternyata ada loh jurusan yang khusus untuk mempelajari seluk beluk marketing. Pastinya jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang memang memiliki minat dan ketertarikan besar di dunia marketing. Yuk, kita kenalan dengan jurusan pemasaran!
Apa Itu Jurusan Pemasaran?
Secara garis besar, di jurusan ini, kamu akan mempelajari semua hal terkait proses marketing, manajemen pemasaran, hubungannya dengan para konsumen serta bagaimana melakukan pemasaran melalui dunia digital. Selain itu, kamu juga akan belajar membuat strategi pemasaran, mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen, pelayanan dalam bisnis, cara berkomunikasi dengan konsumen, dan sebagainya. Nah, untuk mengetahui mata pelajaran yang lebih detail dari jurusan pemasaran, baca terus sampai selesai ya, guys!
Jurusan pemasaran memiliki nama yang berbeda-beda di setiap sekolah, loh. Misalnya, di sekolah lain sebutannya adalah pemasaran digital. Sementara, sebutan jurusan ini di SMKS Manbaul Ulum ialah jurusan pemasaran.
Apa yang Dipelajari di Jurusan Pemasaran?
Jurusan pemasaran atau marketing memiliki banyak variasi pembelajaran menarik terkait proses dan manajemen pemasaran serta hubungannya dengan konsumen. Selain itu, kamu akan mendapat banyak praktik langsung terkait pemasaran.
Visi dari kompetensi keahliannya yaitu menciptakan lulusan yang memiliki kemampuan untuk bisa bersaing di pasar tenaga kerja.
Keuntungan mengambil jurusan pemasaran adalah bisa bekerja di dunia perkantoran atau bisa berwirausaha. Seorang lulusan pemasaran bisa membangun toko online sendiri baik dengan metode dropship dan lain sebagainya.
Di era digital ini bisnis daring mulai dikenal oleh berbagai lapisan masyarakat. Selain itu sudah banyak juga masyarakat yang mulai menggunakan metode bisnis daring ini. Hal tersebutlah yang menjadi alasan penting bagi kita untuk paham bagaimana konsep bisnis ini.
Metode pemasaran yang paling terkenal dari kompetensi ini adalah menggunakan teknik digital marketing. Dimana kita bisa mempromosikan produk yang akan kita jual kepada banyak orang tanpa bertemu mereka secara langsung.
Tujuan Bisnis Daring Pemasaran
Ada beberapa tujuan memiliki kompetensi ini, tujuan tersebut beranekaragam satu sama lain diantaranya:
- Mampu bersaing dengan pasar tenaga kerja
- Mampu membangun bisnis secara mandiri
- Bekerja di dunia Perkantoran
- Memiliki kemampuan negosiasi (tawar-menawar) yang baik
- Menjadi marketer yang Andal
- Mengembangkan diri menjadi seorang Wiraswasta
- Menguasai Ilmu Marketing
- Bersikap Profesional dalam Dunia Bisnis
- Inovatif dan Kreatif
- Andal dalam mengatur administrasi
- Memahami prinsip dasar bersbisnis