Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di Era Revolusi Industri (4.0)
Perkembangan revolusi industri khususnya di era revolusi 4.0 membawa dampak perubahan fundamental dalam kehidupan masyarakat saat ini dan dampaknya terhadap jenis pekerjaan mendatang akan tergantikan oleh robot atau aplikasi yang didukung oleh teknologi berbasis internet. Revolusi Industri 4.0 merupakan upaya transformasi menuju perbaikan dengan mengintegrasikan dunia online dan lini produksi di industri, di mana semua proses produksi berjalan dengan internet sebagai penopang utama.
Keterampilan Soft Skills dalam manajemen perkantoran dan layanan bisnis seperti komunikasi efektif, kepemimpinan, kerjasama, dan adaptabilitas penting dalam era Revolusi Industri 4.0. Kemampuan beradaptasi dengan perubahan dan bekerja dalam tim lintas disiplin juga akan sangat dihargai.
Dalam ini juga Perkembangan kantor modern merupakan salah satu dampak dari perkembangan revolusi Industri yang terjadi saat ini. Ciri kantor modern saat ini terlihat jelas dari penggunaan teknologi perkantoran yang dilengkapi dengan sistem pelayanan yang serba otomatis. Peralatan teknologi menjadi sarana penting untuk menjaga agar prosedur kerja di kantor bisa berjalan dengan baik sesuai tujuan. Jenis perangkat lunak dan aplikasi dalam teknologi perkantoran yang sering digunakan sebagai berikut :
- Microsoft Office
- Voice Mail
- Kalender elektronik
- Konferensi audio
- Video teks
- Pengolah kata
- Pengolah angka
- Pengolah presentasi
- Konferensi video
Lingkungan kerja yang menyenangkan akan mempengaruhi karyawan dalam bekerja, sehingga membawa dampak terhadap pencapaian tujuan perusahaan yang lebih efektif dan efisien. Istilah standar kerja sering kita mengenalnya dengan istilah Standard Operating Procedure (SOP). Konsistensi dalam penerapan standar kerja ini dapat dilakukan melalui perilaku displin terhadap pelaksanaan SOP di tempat kerja. Perilaku disiplin dapat diawali dengan tertib menggunakan waktu kerja, tertib dalam mengikuti aturan kerja dan SOP yang ada di tempat kerja.
Budaya kerja merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh seseorang dalam bekerja sesuai standar kerja secara berulang-ulang atau konsisten. Agar cara kerja kita dapat menjadi sebuah budaya maka diperlukan suatu pembiasaan diri secara konsisten. Perilaku ramah lingkungan merupakan perilaku kerja dengan menggunakan konsep 5R yang diterapkan pada SOP di tempat kerja. Manajemen perkantoran dan layanan bisnis telah mengalami transformasi signifikan di era Revolusi Industri 4.0. Perkembangan teknologi, seperti otomatisasi, big data, dan kecerdasan buatan, telah merubah cara organisasi beroperasi. Berikut adalah beberapa poin utama yang bisa disimpulkan:
- Digitalisasi Proses
- Komunikasi yang Ditingkatkan
- Analisis Data
- Fleksibilitas Kerja
- Layanan Pelanggan yang Lebih Baik
- Keamanan Data
- Keterampilan Baru
Secara keseluruhan, manajemen perkantoran dan layanan bisnis di era ini menuntut adaptasi dan inovasi yang berkelanjutan untuk tetap bersaing dan memenuhi kebutuhan pasar yang berubah dengan cepat.