UNSUR-UNSUR IKLAN TELEVISI
Iklan televisi secara sederhana terdiri dari dua unsur atau elemen, diantaranya:
- Audio
Audio merupakan unsur atau elemen dalam iklan yang berbentuk suara dari narasi atau pesan iklan. Unsur audio ini berbentuk music dan suara lainnya. Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam audio yakni:
- Suara
Yakni suara narator yang menyampaikan informasi mengenai produk
- Musik
Yakni iklan di televisi dapat berbentuk seperti backsound atau musik pengiring suara dari narator.
- Jingle
Yakni unsur audio berisi kalimat atau lagu yang menarik, terkadang memuat informasi tentang produk yang ada pada iklan.
- Sound Effect
Unsur ini digunakan sebagai pendukung dalam iklan yang tampil di televisi.
2. Visual
Unsur ini adalah unsur berbentuk sebuah gambar yang bergerak dan memiliki arti tertentu. Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam visual yakni:
- Warna
Warna menggambarkan citra dari suatu produk tersebut dan memiliki arti psikologis dalam pemasaran.
- Alur cerita
Iklan yang bermakna atau memiliki arti tertentu akan meninggalkan ingatan pada benak para penonton.
Catatan: Materi Mata Pelajaran Pilihan (Digital Marketing) Topik Materi Pemasaran Melalui Iklan Televisi/Television Advertising, Fase F/Kelas 12 Jurusan Pemasaran SMKS Manbaul Ulum Cirebon.
Guru : Ika Aprilianti, S.A.P.
Referensi : Puspitasari, Devi. 2024. Digital Marketing SMK/MAK Fase F. Jakarta: Erlangga.
Penulis : Zahrotul Fikri