UNSUR-UNSUR IKLAN TELEVISI

UNSUR-UNSUR IKLAN TELEVISI

Iklan televisi secara sederhana terdiri dari dua unsur atau elemen, diantaranya:

  1. Audio

Audio merupakan unsur atau elemen dalam iklan yang berbentuk suara dari narasi atau pesan iklan. Unsur audio ini berbentuk music dan suara lainnya. Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam audio yakni:

  • Suara

           Yakni suara narator yang menyampaikan informasi mengenai produk              

  • Musik

           Yakni iklan di televisi dapat berbentuk seperti backsound atau musik pengiring suara dari narator.

  • Jingle

           Yakni unsur audio berisi kalimat atau lagu yang menarik, terkadang memuat informasi tentang produk yang ada pada iklan.

  • Sound Effect

                     Unsur ini digunakan sebagai pendukung dalam iklan yang tampil di televisi.

       2. Visual

            Unsur ini adalah unsur berbentuk sebuah gambar yang bergerak dan memiliki arti tertentu.  Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam visual yakni: 

  •  Warna

            Warna menggambarkan citra dari suatu produk tersebut dan memiliki arti psikologis dalam pemasaran.

  •   Alur cerita

             Iklan yang bermakna atau memiliki arti tertentu akan meninggalkan ingatan pada benak para penonton.

 

Catatan: Materi Mata Pelajaran Pilihan (Digital Marketing) Topik Materi Pemasaran Melalui Iklan Televisi/Television Advertising, Fase F/Kelas 12 Jurusan Pemasaran SMKS Manbaul Ulum Cirebon.

Guru : Ika Aprilianti, S.A.P.

Referensi : Puspitasari, Devi. 2024. Digital Marketing SMK/MAK Fase F. Jakarta: Erlangga.

Penulis : Zahrotul Fikri

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like