TUJUAN PEMASARAN MELALUI IKLAN DI TELEVISI
Sumber: https://images.app.goo.gl/CnaGavygHLWWBv438
Tujuan pemasaran melalui iklan di televisi dapat digolongkan menurut sasarannya seperti untuk memberikan informasi, membujuk, mengingatkan pembeli atau konsumen, menambah nilai, dan membantu aktivitas lain yang dilakukan sebuah perusahaan.
Berikut jenis-jenis iklan televisi berdasarkan tujuan pemasarannya diantaranya:
- Iklan informatif. Bertujuan membentuk permintaan pertama dengan cara memberitahukan atau memberikan informasi kepada khalayak tentang produk baru, mengusulkan kegunaan baru suatu produk, menginformasikan pasar tentang perubahan harga, menjelaskan cara kerja suatu produk, menjelaskan pelayanan yang tersedia, mengoreksi kesan yang salah, mengurangi kecemasan pembeli, dan membangun citra (image) perusahaan.
- Iklan persuasif. Bertujuan membentuk permintaan selektif suatu merek tertentu yang dilakukan pada tahap kompetitif dengan membentuk preferensi merek, mendorong alih merek, mengubah persepsi pembeli tentang atribut produk, membujuk pembeli untuk melakukan pembelian saat itu juga, serta membujuk pembeli untuk menerima atau mencoba penggunaan produk.
- Iklan pengingat.
Tujuan iklan pengingat diantaranya:
- Mengingatkan pembeli bahwa produk yang ditampilkan mungkin suatu saat akan dibutuhkan lagi;
- Mengingatkan pembeli tempat mereka dapat membeli produk;
- Memastikan pembeli tetap mengingat produk tersebut walaupun sedang tidak musim;
- Mempertahankan kesadaran puncak (top-of-mind brand awareness).
- Iklan penambah nilai. Bertujuan menambah nilai merek pada persepsi konsumen dengan melakukan inovasi, perbaikan kualitas, dan penguatan persepsi konsumen dengan melakukan inovasi, perbaikan kualitas, dan penguatan persepsi konsumen. Iklan yang efektif akan membuat merek dipandang lebih elegan dan lebih unggul dalam persaingan pasar’
- Iklan bantuan aktivitas lain. Bertujuan membantu memfasilitasi aktivitas lain perusahaan dalam proses komunikasi pemasaran.
Sumber: https://images.app.goo.gl/1rvtLysX7VmM8P4r6
Contohnya sebagai berikut.
- Melakukan promosi penjualan atau kupon;
- Membantu mengenalkan produk;
- Menyempurnakan hasil komunikasi pemasaran yang lain seperti mengidentifikasi produk di toko dan mengenal nilai produk lebih mudah setelah melihat iklan.
Catatan: Materi Mata Pelajaran Pilihan (Digital Marketing) Topik Materi Pemasaran Melalui Iklan Televisi/Television Advertising, Fase F/Kelas 12 Jurusan Pemasaran SMKS Manbaul Ulum
Guru : Ika Aprilianti, S.A.P.
Referensi : Puspitasari, Devi. 2024. Digital Marketing SMK/MAK Fase F. Jakarta: Erlangga.
Penulis : Zahrotul Fikri