“PENGERTIAN DAN KOMPONEN UTAMA PEMASARAN DIGITAL (DIGITAL MARKETING)”
Pemasaran digital dalam bahasa inggris adalah digital marketing, yaitu suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah merek atau produk menggunakan media digital atau internet dengan tujuan untuk menarik konsumen atau calon konsumen secara cepat. Pemasaran ini melibatkan penggunaan situs web, perangkat seluler, media sosial, mesin pencari dan saluran serupa lainnya sehingga dapat digunakan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.
Pemanfaatan teknologi menjadi sangat penting pada era digital saat ini, teknologi dapat digunakan untuk membangun database, yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk kepentingan para stakeholder melalui big data. Big data dapat dibangun dan dimanfaatkan untuk peningkatan efisiensi pemasaran produk.
Menurut para ahli, pengertian pemasaran digital adalah sebagai berikut.
- Josua Tarigan & Ridwan Sanjaya(2009): Pemasaran digital adalah sebuah kegiatan pemasaran yang termasuk branding. Pemasaran ini menggunakan berbagai media yang ada. Contohnya seperti website, blog, adwords, email dan lain sebagainya.
- Heidrick & Struggles(2009): Pemasaran digital adalah sebuah hal yang menggunakan dunia digital dalam melakukan periklanan. Kegiatan yang dilakukan tersebut memang tidak menggembar-gemborkan secara langsung. Namun, hal tersebut tetap memiliki efek yang sangat berpengaruh.
- Dave Chaffey(2011): Pemasaran digital adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan dari pemasaran. Dalam mencapai tujuannya, pemasaran akan dibantu oleh teknologi digital.
- Saputra et al(2020): Pemasaran digital adalah kombinasi seluruh aktivitas marketing yang dilakukan menggunakan media elektronik maupun internet. Beberapa kegiatan pemasaran digital di antaranya: SEO, SEM, Social Media Marketing, email marketing, content marketing, dan lainnya.
- Kleindl & Burrow(2005): Pemasaran digital adalah sebuah proses perencanaan dan pelaksanaan. Proses tersebut berasal dari ide, konsep, harga, promosi hingga distribusinya. Jika disederhanakan, pemasaran digital bisa diartikan sebagai suatu kegiatan pembangunan dan pemeliharaan hubungan.
Pemasaran digital mengacu pada berbagai metode dan pendekatan yang digunakan untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek melalui platform digital. Berikut ini adalah beberapa aspek atau komponen utama dari pemasaran digital:
- Search Engine Optimization (SEO)
SEO adalah pengoptimalan konten situs web agar mendapat peringkat lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERP). SEO mencakup pengoptimalan di halaman dan di luar halaman, penelitian kata kunci, dan memastikan situs web ramah pengguna. Mengoptimalkan situs web membantu Anda mendatangkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda yang membantu menghasilkan lebih banyak prospek.
- Pemasaran Konten
Konten adalah inti dari pemasaran digital. Tanpa konten yang tepat, situs web atau halaman tidak akan berguna. Pemasaran Konten melibatkan pembuatan dan pendistribusian konten berharga yang ingin dilihat oleh audiens target Anda. Ini dapat mencakup posting blog, artikel, videografi, infografis, dan banyak lagi.
- Pemasaran Media Sosial: Platform seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, Twitter, dan lainnya adalah tempat untuk mempromosikan produk dan layanan Anda, melibatkan audiens Anda, dan membangun kesadaran merek. Pemasaran media sosial adalah cara termudah dan gratis untuk mempromosikan produk dan layanan Anda serta melibatkan audiens target Anda. Iklan di media sosial juga merupakan komponen penting dalam hal ini.
- Pemasaran Email: Mengirim email yang dipersonalisasi ke daftar pelanggan untuk memelihara prospek, mempromosikan barang, atau menyediakan konten yang bermanfaat. Jika dilakukan dengan benar, pemasaran email dapat sangat disesuaikan dan efektif. Pemasaran Email membantu memberi tahu prospek Anda tentang produk atau layanan mendatang dan juga dapat diotomatisasi sehingga Anda tidak perlu mengirim email satu per satu.
- Iklan Bayar-Per-Klik (PPC): Menampilkan iklan kepada audiens yang ditargetkan melalui platform iklan berbayar seperti Google Ads, Bing Ads, dan iklan media sosial. Pengiklan dikenakan biaya setiap kali pengguna mengklik iklan mereka. Ini adalah metode untuk mengembangkan audiens Anda di seluruh dunia dengan mengeluarkan sejumlah uang sesuai dengan penempatan produk Anda dan berapa hari Anda bersedia beriklan di platform media sosial.
- Pemasaran Afiliasi
Kolaborasi dengan afiliasi atau influencer yang mempromosikan produk atau layanan Anda dengan imbalan persentase tertentu dari penjualan yang dihasilkan melalui upaya rujukan mereka. Membayar sejumlah persentase tertentu dari penjualan untuk mempromosikan produk dan layanan membantu meningkatkan bisnis perusahaan dan membantu mendatangkan lebih banyak lalu lintas.
Cakupan pemasaran digital terus berkembang setiap hari, kemajuan teknologi baru terus menyempurnakan pasar digital. Agar menjadi yang terbaik di bidang ini, seseorang harus selalu mengikuti tren terbaru serta kemajuan yang akan datang. Pemasaran Digital memainkan peran penting dalam mengembangkan bisnis dan melibatkan audiens membantu bisnis menargetkan produk dan layanan yang dibutuhkan untuk menyediakan bagi audiens yang dituju.
Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_digital
https://www.linkedin.com/pulse/scope-digital-marketing-saswot-shrestha-6kwqf