KELEBIHAN DAN KELEMAHAN PEMASARAN MELALUI IKLAN DI TELEVISI
Sumber: https://pelatihancsr.com/category/pelatihan-teknik-pengendalian-biaya-program-csr/
Iklan melalui televisi memiliki kelebihan-kelebihan sebagai berikut.
- Jangkauan yang luas
Dalam memperkenalkan atau mempromosikan produk baru, pemasar dapat menjangkau wilayah yang luas bahkan seluruh wilayah yang memiliki jangkauan siaran televisi.
2. Selektivitas dan Fleksibilitas
Segmentasi pasar dapat dilakukan berdasarkan isi program, waktu siaran, atau jangkauan geografis siaran televisi. Dengan program siaran televisi yang menarik perhatian audiens yang menjadi sasaran, iklan televisi akan menjadi target produk yang efektif.
3. Fokus perhatian
Perhatian audiens akan tertuju pada tayangan iklan yang sedang ditayangkan, terlebih jika iklan tersebut berada diantara jeda film atau acara yang sedang diminati masyarakat.
4. Kreativitas
Kreativitas dari kekuatan personalitas manusia dapat digunakan pada iklan televisi untuk mempromosikan produknya.
Sumber: https://www.unisbank.ac.id/v3/5-tipe-kreativitas-yang-bisa-kamu-latih/
5. Waktu tertentu
Ada beberapa calon pelanggan yang menonton televisi di waktu-waktu tertentu, produk dapat ditayangkan di televisi sesuai dengan waktu target calon pelanggan menonton televisi.
Adapun kelemahan-kelemahan beriklan melalui televisi antara lain sebagai berikut.
- Membutuhkan biaya yang sangat besar
Biaya tersebut yakni biaya untuk memproduksi dan menyiarkan iklan komersial di televisi. Biaya produksi ini termasuk biaya pembuatan iklan dan honor artis, terlebih jika iklan dilakukan secara berulang-ulang.
2. Audiens sasaran tidak tertarget dengan baik
Terkadang segmentasi audiens pada televisi tidak seakurat pada media surat kabar dan majalah. Hal ini menyebabkan segmentasi pada iklan yang disiarkan di televisi menjangkau pasar sasaran yang tidak tepat.
3. Kesulitan teknis
Media iklan di televisi memiliki aturan teknis yang rumit dan tidak luwes. Tidak mudah mengubah jam tayang iklan yang akan ditayangkan, terutama ketika menjelang jam tayang iklan.
Catatan: Materi Mata Pelajaran Pilihan (Digital Marketing) Topik Materi Pemasaran Melalui Iklan Televisi/Television Advertising, Fase F/Kelas 12 Jurusan Pemasaran SMKS Manbaul Ulum Cirebon.
Guru : Ika Aprilianti, S.A.P.
Referensi : Puspitasari, Devi. 2024. Digital Marketing SMK/MAK Fase F. Jakarta: Erlangga.
Penulis : Zahrotul Fikri