Ruang Lingkup Pemasaran

Ruang Lingkup Pemasaran

Pemasaran dibutuhkan tiap Perusahaan untuk mempromosikan barang atau jasanya. Pemasaran bisa dilakukan berbagai cara, mulai dari pemasangan iklan hingga pemasaran dari mulut ke mulut. Dulunya pemasaran hanya dipakai dibidang bisnis saja, namun kini sudah banyak bidang yang membutuhkan konsep pemasaran. Contohnya instansi Pendidikan, Organisasi kemasyarakatan, dan lain sebagainya.

Ruang lingkup pemasaran lebih kearah pembahasan cara kerjanya, produk yang akan di pasarkan serta siapa yang akan melakukannya. Adapun ruang lingkup pemasaran secara spesifik diantaranya :

  1. Organisasi

Pemasaran dipakai untuk meningkatkan citra Perusahaan di mata [ublic. Organisasi bertugas untuk merancang kegiatan Perusahaan agar berjalan dengan baik

  1. Pasar

Pasar bisa diartikan sebagai target utama pemasaran produk atau tempat penjualan dilakukan.misalnya pangsa pasar produk makan korea lebih di tujukan ke penyuka korea.

  1. Produk

Artinya produk yang akan dipasarkan dan dijual ke public. Sebelumnya, produk harus melalui serangkaian tahapan, seperti tahap perencanaan, penentuan target pasar, produksi dan distribusi.

  1. Penentuan harga

Sebelum produk dipasarkan, Perusahaan haruslah menentukan harga yang sesuai. Biasanya dalam menentukan harga, Perusahaan akan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Misalnya jika target pasarnya mahasiswa, berarti harganya harus tergolong murah.

  1. Promosi

Promosi merupakan cara efektif untuk menawarkan dan memasarkan produk Perusahaan supaya banyak terjual. [promosi bisa dilakukan dengan menggunakan brosur, memasang iklan dimedia sosial atau lainnya.

Guru  : Abdi Mubarok, SE.

Referensi : Tim Belajar Plus, Dasar – Dasar Pemasaran Untuk Siswa SMK Kleas X, Surakarta : Tim Belajar Plus

Penulis : Zahrotul Fikri

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like