JENIS-JENIS DIGITAL MARKETING
Digital marketing memiliki cakupan tidak hanya terbatas pada pemasaran melalui internet, tetapi juga pemasaran menggunakan media elektronik lainnya. Ada beragam jenis digital marketing yaitu sebagai berikut.
- Internet marketing
Yakni seluruh kegiatan pemasaran yang dilakukan di dalam dan melalui internet. Unsur terpenting yang harus ada dalam kegiatan ini adalah internet. Jenis-jenis internet marketing diantaranya:
- Situs online
- E-mail marketing
- Social media marketing
- Search Engine Optimization (SEO)
- Search Engine Marketing (SEM)
- Pay-Per-Click (PPC)
- Influencer marketing
- Affiliate marketing
- Video marketing
- Reputation marketing
- Pemasaran melalui iklan di televisi
Pemasaran melalui iklan di televisi dinilai mampu memengaruhi audiens sasaran untuk melakukan pembelian. Sebab iklan disiarkan berulang kali (repetitive) sehingga menciptakan minat pembelian yang kuat.
- Pemasaran melalui iklan di radio
Radio bukan termasuk bagian-bagian digital marketing, tetapi merupakan channel pemasaran yang dipertimbangkan untuk menarik audiens. Pemasaran melalui radio terbilang efektif karena bisa menarik audiens dari berbagai usia dan lebih sering diputar di tempat umum seperti mall, stasiun, atau kendaraan pribadi.
- Pemasaran melalui iklan di billboard (iklan luar ruang)
Billboard termasuk iklan luar ruang (outdoor advertising) yang paling banyak digunakan. Billboard adalah panduan teknologi digital dan media iklan out of home advertising untuk memberikan data yang lebih akurat kepada pengiklanan, dilengkapi dengan layer LED yang besar dan dapat memuat format iklan multimedia, mulai dari foto hingga video.
Sumber: https://www.billups.com/articles/billboard-advertising-costs
Catatan: Materi Mata Pelajaran Pilihan (Digital Marketing) Fase F/Kelas 12 Jurusan Pemasaran SMKS Manbaul Ulum.
Guru : Ika Aprilianti, S.A.P.
Referensi : Puspitasari, Devi. 2024. Digital Marketing SMK/MAK Fase F. Jakarta: Erlangga.
Penulis : Zahrotul Fikri