Hari Pertama Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Manba’ul ‘Ulum Cirebon Berjalan Dengan Baik

Share This

SMK Manba’ul Ulum Cirebon.sch.id – Hari pertama pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Manba’ul Ulum Cirebon berjalan dengan baik sesuai dengan yang direncanakan, Senin, 05/04/2021. Pada tahap awal ini, pelaksanaan UKK diikuti oleh lima Program Keahlian, yaitu Bisnis Daring & Pemasaran (BDP), Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran (OTKP), Farmasi Klinis & Komunitas (FKK), Teknik Komputer & Jaringan (TKJ), dan Tata Busana (TB). Pelaksanaan UKK akan dilihat dan diuji oleh beberapa penguji, baik dari pihak internal sekolah maupun dari pihak Dunia Usaha dan Industri yang telah ditunjuk sebelumnya. Proses pelaksanaan UKK sendiri berlangsung di setiap bengkel jurusan masing masing program keahlian. Salah satu program keahlian yang ikut UKK tahap awal adalah Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yang sangat antusias dalam mengikuti proses tersebut. Terlihat keseriusan peserta didik kelas XII dengan serius mengerjakan materi UKK yang telah diberikan. Dedi Carmudi, M.Kom selaku Kepala Program Keahlian TKJ menjelaskan bahwa pelaksanaan UKK untuk jurusan BDP, OTKP, FKK, TKJ dan TB terlihat berjalan cukup baik.

“Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian pada hari ini terlihat berjalan dengan baik dan kita juga belum mendapatkan kendala kendala yang cukup berarti. Untuk jurusan TKJ sendiri kita laksanakan di bengkel yang alhamdulillah jumlah PC kita cukup untuk menampung jumlah peserta didik TKJ yang akan mengikuti UKK. Untuk penguji sendiri memang kita ada dua, yaitu dari Internal sekolah serta dari Dunia Usaha dan Industri yang telah bekerja sama dengan sekolah kita, Jelas Ketua Program Keahlian Teknik Komputer dan Jarinngan, Dedi Carmudi, M.Kom pada saat memberikan sambutan.

Kepala SMK Manba’ul Ulum Cirebon, Drs. Abdul Hakim, M.Pd juga mejelaskan bahwa pelaksanaan UKK ini bertujuan untuk melihat hasil kompetensi peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran di sekolah selama hampir tiga tahun.

“Alhamdulillah dengan berlangsungnya Uji Kompetensi Keahlian (UKK) di sekolah kita ini, kita dapat melihat seberapa besar kemampuan peserta didik kita dalam menguasai materi bengkel yang selama ini telah diajarkan oleh para tenaga pendidik kita. Selain hal tersebut, saya juga sangat mengharapakan dengan adanya pelaksanaan UKK ini, anak -anak kami dapat mengambil ilmu dari para penguji Eksternal khususnya, untuk dapat mempersiapkan diri dalam bersaing di Dunia Usaha dan Industri nantinya. Proses UKK ini akan berlangsung sampai nanti satu minggu mendatang, dan saya sangat berharap semoga ini dapat berjaland engan baik dan lancar sesuai harapan kita bersama, Jelas Kepala SMK Manba’ul Ulum Cirebon, Drs. Abdul Hakim, M.Pd pada saat memberikan sambutan kepada tim liputan.

Salah satu penguji Eksternal dari Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Arif Budiman, S.Kom dari PT. Data Utama Dinamika Cabang Cirebon juga menjelaskan bahwa pelaksanaan UKK di SMK Manba’ul Ulum Cirebon sudah cukup baik.

“Untuk pelaksanaan UKK SMK Manba’ul ‘Ulum Cirebon, khususnya jurusan TKJ saya lihat sudah sangat baik. Kami dari penguji eksternal juga melihat tingkat keseriusan peserta didik dalam mengerjakan soal UKK sangat serius dan teliti. Kami dari perwakilan PT. Data Utama Dinamika Cabang Cirebon mengucapkan terimakasih kepada pihak sekolah yang telah memercayakan kepada kami untuk bergabung dalam menguji anak-anak kita di proses Uji Kompetensi Keahlian (UKK) tahun 2021 ini, Jelas Arif Budiman, perwakilan dari PT. Data Utama Dinamika Cabang Cirebon pada saat memberikan keterangan.

SMK Manba’ul Ulum Cirebon selalu berusaha dan terus melakukan perbaikan dalam memberikan pelayanan kepada peserta didik. Dalam pelaksanaan UKK sendiri, pihak sekolah sepenuhnya bertanggung jawab dalam segi pendanaan demi terlaksananya UKK yang baik dan sesuai harapan. Senin, 05/04/2021. Red. Jhoe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *