Teknik Dasar Layanan Bisnis
Dalam layanan Bisnis pelayanan prima atau yang disebut excellent service berarti pelayanan terbaik atau sangat baik. Baik, kurang baik, atau sangat baik berarti dalam pelayanan prima memiliki standar layanan yang berlaku dalam setiap organisasi. Pelayanan prima atau excellent service adalah pelayanan yang diberikan sesuai standar kualitas terbaik untuk tujuan mencapai kepuasan pelanggan.
Dalam kegiatan layanan bisnis, penampilan pribadi berkaitan dengan citra atau image sebuah perusahaan. Untuk itu penting bagi petugas atau pegawai untuk selalu menerapkan standar penampilan pribadi ini. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan penampilan pribadi adalah. Hal yang perlu diperhatikan dalam mewujudkan standar penamplan pribadi adalah Kesehatan kerja, Penampilan prima (grooming), Kepribadian dan etiket.
Prinsip pelayanan prima merupakan cara untuk menciptakan hubungan baik dengan pelanggannya. Untuk menciptakan hubungan baik dengan pelanggan dapat dilakukan melalui konsep 3S (senyum, salam, sapa) dan konsep 3A (attitude, attention, action). Konsep 3S merupakan budaya yang harus diterapkan oleh setiap organisasi apa lagi kantor dan jenis layanan bisnis. 3S merupakan perilaku positif dari setiap pribadi yang harus dimiliki oleh karyawan atau petugas pelayanan. Senyum, salam, dan sapa untuk memberikan penawaran bantuan sudah harus menjadi greetings dari pegawai kantor dan layanan bisnis.
Dalam bidang layanan bisnis, pelanggan dapat diartikan sebagai tamu, konsumen, relasi yang datang ke kantor atau tempat kerja kita. Dengan demikian, pelanggan merupakan faktor penting dalam maju tidaknya sebuah usaha atau organisasi. Istilah lain dari pelanggan adalah kolega, Kolega dan pelanggan merupakan faktor penting dalam keberadaan suatu organisasi. Untuk itu perlakukan terhadap pelanggan dan kolega haruslah menjadi hal yang utama dalam proses layanan. Karakteristik kualitas pelayanan prima diantaranya sebagai berikut ini:
- Penampilan
- Kesopanan dan Keramahan
- Kesediaan Melayani
- Pengetahuan dan Keahlian
- Tepat Waktu dan Janji
- Kejujuran dan Kepercayaan
- Efisien
- Kepastian hukum
- Keterbukaan
- Biaya