Standar Operasional Prosedur (SOP) Kasir Saat Melakukan Transaksi

Standar Operasional Prosedur (SOP) Kasir Saat Melakukan Transaksi

Standard Operating Procedure (SOP) kasir adalah pedoman penting yang harus diikuti oleh setiap kasir untuk memastikan transaksi berjalan lancar dan efisien. dengan SOP yang jelas, setiap kasir mengetahui langkah-langkah yang harus diikuti, mulai dari memproses transaksi hingga menangani keluhan pelanggan. Selain itu, keamanan dan akurasi dalam transaksi juga menjadi alasan utama pentingnya SOP kasir. Prosedur yang terdefinisi dengan baik membantu mengurangi risiko kesalahan dan penipuan.

Berikut adalah beberapa langkah dan prinsip dasar yang perlu diperhatikan oleh kasir saat melakukan transaksi:

  1. Menyapa konsumen “Selamat datang, silahkan”
  2. Terima barang dengan 2 tangan, tangan kanan pegang atas keranjang, tangan kiri pegang bawah keranjang dengan menanyakan “belanjanya ini aja?”
  3. Scan satu persatu dengan menyebutkan nama produk dan jumlah produk “Sabun ekonominya satu ya ka” “bajunya merk cardinal ukuran xl ya ka”
  4. Menanyakan ada tambahan pembelanjaan “Ada tambahan lagi?”
  5. Menawarkan produk promo yang ada di meja kasir “Mau sekalian ka minyak tawonya ka lagi ada promo dari harga 43.000 jadi 25.00”
  6. Menyebutkan jumlah nominal pembelanjaan “Totalnya seratus Lima Puluh Tiga Ribu ya ka”
  7. Menanyakan untuk pembayarannya cash atau menggunakan kartu “Pembayarannya mau cash atau dengan kartu ka”
  8. Menyebutkan nominal uang yang di berikan oleh konsumen dengan menggunakan dua tangan “Uang nya saya terima ya ka dua ratus ribu rupiah”
  9. Memberikan barang belanjaan, struk pembelian dan uang kembalian dengan 2 tangan, tangan kanan pegang atas plastic, struk dan uang kembalian tangan kiri pegang bawah plastic “Kembaliannya tujuh ribu rupiah ya ka” Ketika Barang Belanjaan Banyak Kasir Memberikan Uang Dan Struk Terlebih Dahulu, Baru Memberikan Barang Belanjaan
  1. Ucapkan “Terimakasih, sudah berbelanja, selamat datang kembali” dengan mengangkat kedua tangan dan tersenyum

Dengan mengikuti SOP ini, kasir dapat meminimalisir kesalahan dan meningkatkan kepuasan pelanggan, yang pada gilirannya akan mendukung keberlangsungan dan perkembangan bisnis ritel.

 

Mata Pelajaran : Administrasi Transaksi. Fase F

Program Keahlian : Pemasaran

Konsentrasi Keahlian : Bisnis Ritel

Guru : Nurlaeli, S.Pd.

Penulis : Zahrotul Fikri

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like