Mengapa Digital Branding itu Penting? Simak Penjelasannya
Secara umum definisi Digital Branding merupakan sebuah pendekatan dengan memanfaatkan Platform Digital dan internet untuk membangun atau mengelola identitas Merek dan membuat komunikasi Merek dengan audiens.
Meskipun dampak dari penerapan branding digital mampu menghasilkan penjualan produk sangat bermanfaat bagi pelaku usaha, namun ini bukanlah tujuan utama branding digital.
Digital Branding dan Pemasaran Digital (Internet Marketing) secara tidak langsung terlihat sama, tetapi sebenarnya branding digital dan digital marketing memiliki tujuan utama yang berbeda.
Pertanyaan umum yang sering kita temui mengenai digital branding adalah mengapa digital branding itu penting? Ini penjelasannya.
Digital branding adalah proses penting dalam membangun identitas dan kredibilitas suatu merek di dunia digital. Berikut adalah beberapa alasan mengapa digital branding sangat diperlukan.
Pertama, dengan adanya digital branding dapat membantu menciptakan hubungan dengan pelanggan yang mungkin tidak dapat dijangkau. Misalnya, jasa kursus editing vidio di gunungpati tidak dapat menarik perhatian kepada pelanggan di kota Semarang dan Ungaran tanpa kehadiran online.
Kedua, Branding digital yang dilengkapi dengan internet marketing akan membantu meningkatkan penjualan dan bahkan dapat menciptakan hubungan lebih komunikatif dengan pelanggan yang mungkin tidak terjadi jika hanya mengandalkan branding offline saja.
Ketiga, Pencitraan merek digital memungkinkan untuk melakukan hal yang sama seperti yang dimungkinkan oleh pencitraan merek tradisional, hanya dalam skala yang jauh lebih besar.
Ke empat, Dengan menggunakan saluran digital, dapat membangun loyalitas di antara pelanggan hingga ke seluruh dunia. Hubungan dan loyalitas tersebut dimulai ketika kita berhasil dan efektif mengomunikasikan misi dan nilai merek secara online.
Secara keseluruhan, digital branding adalah strategi yang sangat penting untuk kesuksesan bisnis di era digital. Dengan membangun identitas yang kuat dan kredibel, bisnis tidak hanya dapat menarik pelanggan baru tetapi juga mempertahankan hubungan yang baik dengan pelanggan yang sudah ada.
Sumber : Bashori, fadlul Khoiruddin, Tabah Setyo Adji, dkk. Digital Branding, bidang keahlian Bisnis dan Manajemen Konsentrasi Keahlian Bisnis Digital Untuk Siswa SMK/MAK. Sukoharjo : Media Karya Putra