KARAKTERISTIK PEMASARAN IKLAN MELALUI TELEVISI/TV/ TELEVISON ADVERTISING
Sumber Image: https://images.app.goo.gl/t37dVRqgAG5qd2AD7
Promosi atau iklan melalui televisi atau yang disebut television commercial/TV merupakan media yang menampilkan iklan di sela-sela acara, film, ataupun siaran berita. Pemasaran melalui televisi dinilai mampu memengaruhi audiens sasaran untuk melakukan pembelian, sebab iklan disiarkan berulang kali (repetitive) sehingga mampu menciptakan minat pembelian yang kuat.
Mengapa iklan melalui media televisi merupakan kegiatan pemasaran yang paling banyak dijumpai dan umum digunakan perusahaan dalam aktivitas produknya?, karena televisi merupakan media yang dapat menjangkau audiens secara luas, melalui televisi audiens dapat menerima pesan-pesan persuasif yang disampaikan dalam bentuk audio-visual yang mudah dipahami audiens mulai dari kalangan bawah hingga kalangan atas. Oleh karena itu, televisi sering menjadi sarana utama dalam kegiatan promosi perusahaan.
Berikut terdapat karakteristik iklan melalui televisi (TV) yaitu:
- Menggunakan format video sehingga menarik untuk dinikmati
- Iklan video (video ads) yang ditampilkan tidak hard selling tapi juga storytelling atau menceritakan sesuatu pada khalayak, sehingga tidak sedikit pemirsa yang tertarik menyimak isi iklan dari awal hingga akhir
- Tujuan pembuatannya tidak hanya sekedar untuk promosi, tetapi juga menghibur pemirsa
- Isinya singkat, jelas, dan padat karena hanya berdurasi 15 sampai 60 detik
- Tidak bisa diulang atau dilihat Kembali, seandainya pun diulang perusahaan harus menambah anggaran atau biaya.
Catatan: Materi Mata Pelajaran Pilihan (Digital Marketing) Topik Materi Pemasaran Melalui Iklan Televisi/Television Advertising, Fase F/Kelas 12 Jurusan Pemasaran SMKS Manbaul Ulum
Guru : Ika Aprilianti, S.A.P.
Referensi : Puspitasari, Devi. 2024. Digital Marketing SMK/MAK Fase F. Jakarta: Erlangga.
Penulis : Zahrotul Fikri