"Green School" SMK Manba'ul 'Ulum sebagai ruang hijau di tengah suasana pembelajaran
Share This

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memang memiliki peranan tersendiri dalam mempersiapkan peserta didik untuk memiliki kompetensi keahlian selama tiga tahun diberikan ilmu dan pengalaman serta diajarkan keterampilan dan juga akhlak yang mulia. Demikian juga SMK Manba’ul ‘Ulum yang saat ini telah berkembang selama 20 tahun (didirikan tahun 1998 red.) terus berupaya untuk memberikan suasana kesejukan di tengah padatnya proses pembelajaran. Selain itu, dengan menjadikan predikat “green school” bukan hanya gambaran dari warna bangunan yang hijau tetapi juga merupakan tempat yang memiliki ruang terbuka hijau sehingga peserta didik yang ada di dalamnya merasakan juga kesejukan dan hijaunya suasana sekolah.

Suasana hijau ini tentu sangat didukung oleh beberapa pihak yang ada di SMK Manba’ul ‘Ulum seperti kesadaran seluruh unsur sekolah untuk senantiasa menjaga lingkungan yang bersih dan sehat, mulai dari tenaga pendidik dan kependidikan, peserta didik dan juga seluruh personel yang ada di SMK Manba’ul ‘Ulum. Beberapa kebiasaan yang telah terbentuk selama ini adalah dengan membuang sampah pada tempatnya serta memisahkan antara sampah organik dan anorganik (plastik) sehingga penanganan sampah merupakan usaha yang dilakukan secara serius dan terus menerus (kontinyu).

Suasana nyaman juga dapat dirasakan ketika kita berada di kampus 2 (berjarak sekitar 100 meter) ke arah jalan lopang Desa Cikeduk Kec. Depok. memang sudah dua tahun ini pembelajaran di SMK Manba’ul ‘Ulum ditempatkan di 2 tempat untuk kampus 1 untuk kompetensi keahlian : Farmasi Klinis dan Komunitas, Teknik Komputer dan Jaringan, Multimedia, Tata Busana dan Produksi Grafika. Sedangkan kampus 2 diarahkan untuk : Kompetensi Bisnis Daring dan Pemasaran serta Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran.

Suasana Hijau dan sejuk di Kampus 2 SMK Manba’ul ‘Ulum Dukupuntang Cirebon

Harapannya dengan tema hijau dan sejuk di tengah padatnya aktivitas sekolah semoga seluruh peserta didik SMK Manba’ul ‘Ulum dapat menjadi agen lingkungan.