Yuk Belajar Mengenal Sulaman Pita

Yuk Belajar Mengenal Sulaman Pita

Sulaman Pita atau ribbon embroiderymulai terkenal sejak pertengahan abad ke-17. pada saat itu sulaman pita tidak hanya di gunakan untuk menghias busan tetapi juga banyak di aplikasikan pada kerudung dan produk pelengkap rumah tangga lain nya. Sulaman pita merupakan salah satu senj menyulam yang menggunakan  pita sebagai bahan dasarnya,teknik ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai jenis tusukan sehingga membentuk sebuah desain hiasan kain yang indah.

Ciri-ciri Sulaman Pita ;

  1. Sulaman pita memberikan efek tiga dimensi pada bahan yang disulam sehingga hiasan yang berbentuk terkesan timbul.
  2. Sulaman pita di buat menggunakan pita sebgai bahan utama dengan berbagai jenis dan ukuran.
  3. Hasil sulaman pita lebih dekoratif/variatif karena bahan pita yang beragam

Jenis-Jenis Sulaman Pita ;

  1. Sulaman Pita Jepang, Sulaman ini cenderung mirip dengan sulaman benang, Aplikasi teknik tusukan yang di gunakan pada sulaman pita sama dengan yang di aplikasikan pada sulaman benang. Jenis pita ini dipilih pada sulaman ini adalah bahan satin. Sulaman pita gaya jepang merupakan jenis sulaman yang pengerjaannya dilakukan dengan cara menjahitkan pita secara langsung pada benda yang akan dihias. Sulaman pita jenis ini banyak di gunakan pada hiasan baju, tempat tisu, taplak meja, sarung bantal sofa, hijab, mukena dan sebagainya.
  2. Sulaman Pita Eropa, Merupakan sulaman jenis sulaman yang pengerjaannya dilakukan dengan cara merangkai pita terlebih dahulu sebelum di aplikasikan pada bahan yang akan dihias. Selanjutnya, rekatkan sulam pada kain dengan cara di jahit. Jenos sulaman ini bisa digunakan untuk membuat kreasi sulama pita eropa berupa pita organdi yang memiliki karakteristik khas. Sulaman ini banyak di temukan pada pajagan dinding, tas, corsage, dan sebagainya.

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat su7laman pita;

  1. Pita
  2. Benang Sulam
  3. Jarum Sulam
  4. Pensil dan Kertas
  5. Karbon Jahit
  6. Bahan Kain
  7. Pemidangan
  8. Gunting

Sumber; Sri Dewi Indrayani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like